Pagi Hari Membahas Ragi

Sudah menjelang siang sebenarnya tapi bagi saya yang biasa tidur lagi sehabis subuhan, jam delapan ke bawah adalah masih pagi. Untungnya semester ini saya dapat kelas pagi jadi terlatih untuk bangun awal dan walahasil di weekend pun saya tetap sregep 😭😭😭. Kalimat pembukanya tidak jelas. Abaikan. πŸ˜‚

Entah sejak kapan di Jogja demam healthy food, pastinya beberapa teman dan sahabat saya pun terjangkit virus yang serupa. Sebuah langkah yang baik sebenarnya. Sangat baik malahan. Hanya saja bagi saya pribadi terkadang hal itu malah secara tidak langsung membentuk sebuah kubu antara penggemar makanan konvensional dan makanan sehat padahal sejatinya selama makan tersebut halal dan thoyib bisa dipastikan memiliki manfaat bagi tubuh bahkan jiwa.

Di sekitar saya sekarang mulai demam pangan fermentasi, mulai dari fermentasi teh hingga fermentasi buah bahkan olahan lain semacam roti dan kopi. Tentu saja saya semangat, apalagi selama ini memang saya mendalami ilmu mengenai lelembut (baca: mikrobia) yang artinya saya akan menemukan teman-teman diskusi asik dan segar.

Benar saja, sesuai dugaan banyak sekali teman baru ataupun lama di sekitar saya dengan berbagai background yang belajar mengenai fermentasi. Menyenangkan. Bahkan ada yang tanpa ragu mulai melakukan edukasi meskipun dalam segala keterbatasan sarana ataupun informasi. Benar-benar militan. Mengagumkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s