Lumpia Sami Jaya (Jogja): Sepotong Nikmat di Sudut Malioboro

Mungkin masih banyak yang belum tahu jika di sudut Selatan Timur Malioboro ada lumpia yang enak. Tepatnya di depan Toko Sami Jaya (seberang Toko Liman – utara persis Hotel Mutiara ) padahal lumpia ini sudah ada sejak tahun 70an. Karena letak itu pula akhirnya orang menyebutnya Lumpia Sami Jaya.

Saya sendiri sudah menjadi langganan sejak SD atau bahkan TK, ketika diajak Papa jajan kesana. Hingga saat ini ketika saya jalan di seputaran Malioboro pasti saya sempatkan mampir.

Selain memang punya sisi sentimentil sendiri, bagi saya rasa tetaplah yg utama. Lumpia yang sebenarnya tak bernama dan dijajakan di gerobak ini memiliki rasa yang khas. Beda dengan Loenpia Semarang yang berisikan rebung dengan aneka daging dan disajikan goreng maupun basah. Lumpia Sami Jaya berisikan sayuran tauge dan wortel dengan tambahan daging ayam suir atau telur puyuh. Ada tiga pilihan jenis lumpia mulai dari biasa yg hanya berisi sayuran, istimewa yang ditambah ayam dan telur puyuh, serta lumpia ayam. Untuk harga juga sangat terjangkau. Nayangkan lumpia biasa hanya dibandrol 2000, ayam 3000, istimewa 3500.
Dari semua itu yangbpaling epic adalah dressing bawangnya yang sangat spesifik, hmmm… Saya sampai minta ekstra bawang setiap kali pesan di sana.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s